Ekstrakulikuler

Berdasarkan Waktu kegiatannya, di Al Bayan Ekstrakurikuler dibagi dua, yaitu :

  1. Ekstrakurikuler wajib Dilaksanakan setiap hari Sabtu, mulai pukul 10.00 s.d 12.00 WIB

  2. Ekstrakurikuler pilihan Dilaksanakan pada hari selain jadwal tersebut disamping

Setiap siswa SMA PU Al-Bayan Cendekia harus mengikuti satu ekstrakurikuler wajib dan boleh ditambah dengan maksimal dua ekstrakurikuler pilihan. Hingga saat ini terdapat ekstrakurikuler sebagai berikut :

1. Math Club

Program Math Club ini diharapkan dapat mencapai beberapa target sebagai berikut:

  • Meningkatkan minat siswa dalam mempelajari matematika melalui pendekatan yang menyenangkan dan menantang.
  • Meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika dasar maupun lanjutan.
  • Meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika secara efisien dan akurat.
  • Membantu siswa untuk siap dan mampu berpartisipasi dalam berbagai lomba matematika tingkat sekolah, regional, maupun nasional.

2. Biology Club

Capaian Program Ekstrakurikuler Biology Club

  • Membangun minat siswa dalam mempelajari biologi melalui pendekatan eksperimen dan observasi lapangan.
  • Siswa diharapkan dapat memahami dan menerapkan konsep-konsep dasar biologi, seperti ekosistem, genetika, anatomi, dan mikroorganisme.
  • Mendorong siswa untuk melakukan penelitian biologi sederhana, termasuk metodologi ilmiah, pengumpulan data, dan analisis hasil.
  • Siswa diarahkan untuk berpartisipasi dan berprestasi dalam kompetisi biologi baik di tingkat sekolah maupun nasional.

3. ALBAPALA

Capaian Program Ekstrakurikuler Pecinta Alam

  • Menanamkan nilai-nilai keagamaan dan introspeksi diri melalui kegiatan di alam terbuka yang mengajarkan ketenangan dan kedekatan dengan Tuhan 
  • Membangun kecintaan terhadap alam dan kesadaran untuk menjaga lingkungan melalui kegiatan eksplorasi dan konservasi alam 
  • Melatih kemampuan hidup mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab dalam menghadapi berbagai tantangan di alam bebas 
  • Mengasah keterampilan manajemen diri, kerja sama tim, dan kepemimpinan melalui organisasi dan kegiatan lapangan 
  • Berpartisipasi dan meraih prestasi dalam kegiatan olahraga alam bebas seperti panjat tebing, hiking, dan kegiatan ekspedisi lainnya 

4. Historia

Capaian Program Ekstrakurikuler History Club

  • Mengembangkan minat baca dan rasa cinta terhadap sejarah sehingga siswa mampu memahami dan menghargai peristiwa sejarah yang terjadi di masa lampau 
  • Membekali siswa dengan kemampuan membaca dan memahami sumber sejarah melalui kegiatan literasi sejarah, seperti kajian dokumen dan artefak sejarah 
  • Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa dalam mengkaji peristiwa sejarah melalui diskusi, penelitian, dan rekonstruksi sejarah 
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk terjun langsung dalam kegiatan eksplorasi sejarah, seperti kunjungan ke museum, situs sejarah, atau wawancara dengan saksi sejarah 
  • Mendorong siswa mengambil pelajaran dan teladan dari tokoh serta peristiwa sejarah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari 

5. PMR

PMR (Palang Merah Remaja) adalah suatu organisasi binaan dari Palang Merah Indonesia yang berpusat di sekolah-sekolah ataupun kelompok-kelompok masyarakat (sanggar, kelompok belajar, dll.) yang bertujuan membangun dan mengembangkan karakter kepalangmerahan agar siap menjadi relawan PMI pada masa depan.

Ekstrakurikuler PMR (Palang Merah Remaja) ini mencoba mewadahi hobby siswa dan diharapkan dapat  melatih dan membentuk jiwa kemanusiaan para anggotanya agar mereka bisa memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kemanusiaan sejak usia dini. Adapun Indikator capaian programnya adalah :

  • Siswa mampu mengenal dan memahami ruang lingkup PMR
  • Siswa mampu melakukan tindakan pertolongan pertama  
  • Siswa mampu menjadi relawan PMR
  • Siswa bisa mengikuti perlombaan PMR

6. PSYCOLOGY

Capaian Program Ekstrakurikuler Psychology Club

  • Meningkatkan Pemahaman Psikologi Dasar: Peserta diharapkan dapat memahami konsep dasar psikologi, termasuk psikologi perkembangan, kepribadian, dan kesehatan mental, serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari 
  • Pengembangan Keterampilan Konseling: Memberikan keterampilan dasar konseling dan pendampingan agar peserta dapat membantu sesama dalam menghadapi masalah psikologis sederhana 
  • Peningkatan Kesadaran Mental Health: Membangun kesadaran mengenai pentingnya kesehatan mental serta cara-cara menjaga kesehatan mental secara kolektif melalui kegiatan diskusi, seminar, dan refleksi kelompok 
  • Perekatan Sosial Antar Anggota: Mengadakan kegiatan sosial seperti camping atau outbound yang bertujuan untuk membangun kedekatan dan kerja sama antar anggota, meningkatkan solidaritas serta keterampilan sosial 
  • Persiapan Program Kerja: Mengimplementasikan program kerja yang berkelanjutan untuk memperdalam ilmu psikologi, seperti workshop tematik, diskusi panel, dan simulasi kasus psikologis

7. SPEAKING

Capaian program untuk ekstrakurikuler Speaking Club dirancang untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris dan kepercayaan diri siswa dalam berkomunikasi. Berikut adalah beberapa capaian yang dapat dijadikan acuan:

  • Meningkatkan Keterampilan Berbicara, Siswa mampu berbicara dalam bahasa Inggris dengan lancar menggunakan struktur bahasa yang benar dalam konteks formal maupun informal.
  • Meningkatkan Kepercayaan Diri, Siswa memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi untuk berbicara di depan umum, baik dalam kegiatan di sekolah maupun dalam kompetisi.
  • Partisipasi dalam Diskusi dan Debat, Siswa dapat berpartisipasi aktif dalam diskusi dan debat berbahasa Inggris, mengungkapkan pendapat secara logis dan meyakinkan.
  • Meningkatkan Penguasaan Vocabulary, Siswa memperluas kosakata bahasa Inggris mereka, khususnya yang relevan dengan topik yang dibahas di Speaking Club.
  • Kemampuan Retelling dan Storytelling, Siswa dapat menceritakan kembali cerita atau kejadian secara runtut dan menarik, baik melalui media lisan maupun presentasi.
  • Persiapan untuk Kompetisi, Siswa siap berkompetisi dalam lomba-lomba terkait speaking seperti speech contest, debate, dan storytelling.

8. DENATE

Berikut adalah beberapa capaian yang dapat dicapai dalam program ekstrakurikuler debat:

  • Kemampuan Berpikir Kritis dan Analitis
    Siswa mampu berpikir kritis dan menganalisis masalah secara mendalam, serta menyusun argumen yang logis berdasarkan bukti yang valid.
  • Kemampuan Komunikasi Efektif
    Siswa mampu menyampaikan pendapat dan argumen dengan jelas, terstruktur, dan meyakinkan dalam forum debat resmi.
  • Kerjasama Tim
    Siswa dapat bekerja sama dengan anggota tim lain dalam merancang strategi debat, mengorganisasi argumen, serta saling melengkapi dalam penyampaian pandangan.
  • Penguasaan Teknik Debat
    Siswa memahami berbagai format debat (seperti British Parliamentary, Asian Parliamentary) dan mampu menerapkannya dengan baik dalam kompetisi debat.
  • Pengembangan Kepercayaan Diri
    Siswa dapat tampil percaya diri dalam berargumen di depan publik, baik dalam suasana formal maupun informal.

Partisipasi dalam Kompetisi
Siswa siap untuk mengikuti kompetisi debat tingkat sekolah, regional, hingga nasional dengan pemahaman format debat dan strategi yang kuat.

9. CHEMISTRY

Berikut adalah beberapa capaian program untuk ekstrakurikuler Chemistry Club:

  • Pemahaman Konsep Kimia
    Siswa mampu memahami dan mengaplikasikan konsep dasar kimia, seperti struktur atom, ikatan kimia, reaksi kimia, serta hukum-hukum dasar kimia dalam percobaan sederhana.
  • Pengembangan Keterampilan Laboratorium
    Siswa dapat melakukan percobaan kimia di laboratorium dengan menggunakan peralatan dan bahan kimia secara aman, sesuai dengan protokol keselamatan.
  • Kemampuan Analisis Data Ilmiah
    Siswa mampu menganalisis hasil percobaan dan data ilmiah secara kritis serta menyusun laporan penelitian berdasarkan metode ilmiah.
  • Peningkatan Kreativitas dalam Pemecahan Masalah
    Siswa dapat merancang dan memecahkan masalah ilmiah terkait kimia melalui eksperimen kreatif, baik dalam kegiatan rutin maupun dalam persiapan kompetisi sains.
  • Partisipasi dalam Kompetisi Kimia
    Siswa siap mengikuti kompetisi kimia tingkat regional atau nasional dengan keterampilan yang telah diasah melalui simulasi soal dan eksperimen.

Pemahaman Terhadap Aplikasi Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari
Siswa mampu menjelaskan bagaimana ilmu kimia berperan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti lingkungan, industri, kesehatan, dan energi.

10. JOURNALISTIC

Berikut adalah beberapa capaian program untuk ekstrakurikuler Jurnalistik:

  • Pemahaman Dasar Jurnalistik
    Siswa mampu memahami dasar-dasar jurnalistik, seperti menulis berita, feature, dan artikel yang sesuai dengan kaidah jurnalistik.
  • Pengembangan Keterampilan Penulisan
    Siswa mampu menyusun reportase, menulis berita, artikel, dan feature dengan gaya penulisan yang baik dan terstruktur.
  • Pelatihan Teknik Wawancara dan Observasi
    Siswa dapat melakukan wawancara dan observasi untuk mendapatkan data akurat dalam penulisan jurnalistik.
  • Penguasaan Media Digital dan Cetak
    Siswa mampu memanfaatkan berbagai media (digital maupun cetak) untuk publikasi karya jurnalistik, termasuk kemampuan dalam layouting dan editing.
  • Peningkatan Keterampilan Public Speaking dan Komunikasi Massa
    Siswa mampu mengembangkan keterampilan berbicara di depan publik dan berkomunikasi secara efektif dalam konteks jurnalistik dan media massa.

Partisipasi dalam Kegiatan Jurnalistik
Siswa terlibat aktif dalam kegiatan jurnalistik, baik di sekolah maupun masyarakat, seperti mengikuti pelatihan jurnalistik, berkontribusi dalam penerbitan majalah sekolah, dan membuat karya jurnalistik.

11. PRAMUKA

Berikut adalah beberapa capaian program untuk ekstrakurikuler Pramuka:

  • Pencapaian SKU (Syarat Kecakapan Umum)
    Siswa mampu menyelesaikan tahap SKU sesuai jenjang (Penggalang/Bantara), yang mencakup pengetahuan dasar, keterampilan praktis, dan sikap kepramukaan.
  • Pencapaian SKK (Syarat Kecakapan Khusus)
    Siswa mampu menyelesaikan SKK di bidang tertentu, seperti Agama, Sosial, dan Lingkungan, sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.
  • Pengembangan Kepemimpinan dan Karakter
    Siswa mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kemandirian, dan karakter sesuai dengan prinsip-prinsip dasar Pramuka, melalui kegiatan latihan rutin dan praktek lapangan.
  • Partisipasi dalam Kegiatan Sosial
    Siswa aktif berkontribusi dalam kegiatan sosial dan pelayanan masyarakat seperti gotong royong, bakti sosial, dan layanan kemanusiaan.

Keterampilan Survival dan Kegiatan Outdoor
Siswa memiliki keterampilan dasar bertahan hidup, orientasi medan, dan navigasi yang dipraktikkan dalam kegiatan berkemah dan penjelajahan alam.

12. COOCKING CLUB

Berikut adalah capaian program singkat untuk ekstrakurikuler Cooking Club:

  • Pengenalan Alat dan Bahan Masak
    Siswa mampu mengenal dan memahami fungsi alat-alat memasak serta bahan-bahan dasar yang umum digunakan dalam kuliner 
  • Kemampuan Dasar Memasak
    Siswa dapat menguasai teknik dasar memasak, seperti memotong, menggoreng, merebus, dan memanggang 
  • Pengembangan Kreativitas Kuliner
    Siswa mampu menciptakan variasi resep sederhana dan inovatif dalam masakan sehari-hari 
  • Kesadaran Nutrisi dan Gizi
    Siswa memahami pentingnya gizi seimbang dalam menyusun menu yang sehat dan bergizi 

Kerjasama Tim dalam Kegiatan Kuliner
Siswa dapat bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan tantangan memasak dan mendistribusikan hasil karya dengan baik

13. ENGLISH CLUB

Program ekstrakurikuler English Club ini dirancang dengan tujuan utama untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa. Dalam pelaksanaannya, program ini diharapkan dapat mencapai beberapa capaian sebagai berikut:

  • Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Siswa diharapkan mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan lebih lancar, baik dalam konteks percakapan sehari-hari maupun dalam situasi formal. Program ini juga bertujuan untuk memperkaya kosakata siswa dan meningkatkan pemahaman mereka tentang tata bahasa Inggris yang benar.

  • Menciptakan Lingkungan Belajar yang Menyenangkan 

Melalui berbagai aktivitas yang dirancang dalam program ini, diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang santai dan menyenangkan, di mana siswa merasa nyaman dan termotivasi untuk belajar bahasa Inggris tanpa tekanan.

  • Persiapan untuk Kompetisi Bahasa Inggris

Siswa akan dibimbing dan diberi kesempatan untuk mengikuti berbagai kompetisi bahasa Inggris, baik di tingkat sekolah maupun di luar sekolah. Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan mereka serta memberikan pengalaman berkompetisi yang bermanfaat.

  • Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Salah satu fokus utama dari program ini adalah untuk membantu siswa mengatasi rasa takut dan malu dalam menggunakan bahasa Inggris, sehingga mereka dapat berbicara dengan lebih percaya diri di depan umum.

14. ARABIC CLUB

Berikut adalah capaian singkat program ekstrakurikuler Arabic Club:

  • Peningkatan Kemampuan Berbahasa: Siswa mampu meningkatkan keterampilan berbahasa Arab melalui latihan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.
  • Penguasaan Kosakata: Siswa dapat menghafal dan menggunakan kosakata baru dalam kalimat sederhana secara efektif.
  • Keterampilan Komunikasi: Siswa belajar berkomunikasi dengan percaya diri dalam bahasa Arab, baik secara lisan maupun tulisan.

Aktivitas Interaktif: Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan interaktif yang menyenangkan, seperti permainan bahasa, debat, dan drama, untuk mengasah keterampilan berbahasa mereka.

15. FUTSAL

Berikut adalah capaian singkat program ekstrakurikuler Futsal:

  • Peningkatan Keterampilan Teknik: Siswa dapat menguasai teknik dasar futsal, seperti dribbling, passing, shooting, dan defending.
  • Keterampilan Taktis: Siswa memahami strategi permainan dan posisi masing-masing pemain dalam tim, serta mampu beradaptasi dalam situasi permainan yang berbeda.
  • Kerjasama Tim: Siswa belajar pentingnya kerjasama dan komunikasi dalam tim untuk mencapai tujuan bersama selama pertandingan.
  • Kesehatan dan Kebugaran: Siswa memperoleh manfaat dari aktivitas fisik, yang mendukung kesehatan dan kebugaran tubuh melalui latihan rutin dan pertandingan.

Pengembangan Mental: Siswa belajar disiplin, fokus, dan manajemen emosi dalam kompetisi, yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

16. BASKET

Berikut adalah capaian singkat program ekstrakurikuler Basket:

  • Peningkatan Keterampilan Teknik: Siswa dapat menguasai teknik dasar dalam basket, termasuk dribbling, shooting, passing, dan defending.
  • Kerjasama Tim: Siswa belajar pentingnya kerjasama dan komunikasi dalam tim, serta memahami peran masing-masing pemain selama pertandingan.
  • Kondisi Fisik: Siswa meningkatkan kebugaran fisik melalui latihan yang meliputi daya tahan, kelincahan, dan kekuatan.
  • Pengembangan Karakter: Siswa dibentuk menjadi individu yang disiplin, bertanggung jawab, dan menghargai kerja keras serta nilai-nilai sportivitas.

Persiapan Kompetisi: Siswa mempersiapkan diri untuk mengikuti berbagai kompetisi basket, sehingga dapat mengharumkan nama sekolah.

17. ARCHERY

Berikut adalah capaian singkat program ekstrakurikuler Panahan:

  • Peningkatan Keterampilan Memanah: Siswa dapat menguasai teknik dasar memanah, termasuk postur, teknik pegang busur, dan cara melepaskan anak panah dengan tepat.

  • Fokus dan Konsentrasi: Siswa dilatih untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi dan fokus, yang sangat penting dalam olahraga panahan.

  • Kedisiplinan dan Ketekunan: Siswa belajar pentingnya disiplin dan ketekunan melalui latihan yang rutin dan berkelanjutan.

  • Kerjasama dan Komunikasi: Siswa mengembangkan kemampuan bekerjasama dalam tim saat berlatih dan mengikuti kompetisi, serta meningkatkan komunikasi antarpemanah.

  • Pengembangan Karakter: Siswa dibentuk untuk memiliki sikap sportivitas, rasa percaya diri, dan tanggung jawab, yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

18. BADMINTON

Berikut adalah capaian singkat program ekstrakurikuler Badminton:

  • Penguasaan Teknik Dasar: Siswa dapat menguasai teknik dasar badminton, termasuk servis, pukulan forehand dan backhand, serta footwork yang tepat.
  • Peningkatan Kekuatan Fisik: Siswa berlatih untuk meningkatkan daya tahan, kecepatan, dan kekuatan fisik melalui latihan rutin dan permainan.
  • Strategi Permainan: Siswa belajar memahami strategi permainan, baik individu maupun beregu, untuk meningkatkan kemampuan taktis saat bertanding.
  • Kedisiplinan dan Kerjasama: Siswa mengembangkan sikap disiplin dan kerjasama melalui latihan tim dan partisipasi dalam kompetisi.
  • Pengembangan Karakter: Siswa dibentuk untuk memiliki sportivitas, rasa percaya diri, dan tanggung jawab dalam setiap aktivitas yang dilakukan.

19. MONTAIN BIKE

Berikut adalah capaian singkat program ekstrakurikuler Mountain Bike:

  • Peningkatan Keterampilan Bersepeda: Siswa dapat menguasai teknik dasar bersepeda gunung, termasuk keseimbangan, kontrol, dan teknik manuver di medan yang bervariasi.

  • Pengenalan Rute dan Keamanan: Siswa belajar tentang pemilihan rute yang aman dan tantangan yang ada, serta prosedur keselamatan saat bersepeda.

  • Kondisi Fisik dan Daya Tahan: Siswa berlatih untuk meningkatkan daya tahan fisik dan kekuatan melalui latihan teratur dan pengendaraan di berbagai jalur.

  • Kesadaran Lingkungan: Siswa memahami pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian alam selama kegiatan bersepeda.

  • Kerjasama dan Team Building: Siswa mengembangkan kemampuan kerjasama dalam kelompok, baik dalam kegiatan bersepeda maupun saat perencanaan rute.

20. TENIS MEJA

Berikut adalah capaian singkat program ekstrakurikuler Tennis Meja:

  • Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar: Siswa dapat menguasai teknik dasar bermain tenis meja, seperti servis, pengembalian, dan berbagai jenis pukulan.
  • Pemahaman Aturan Permainan: Siswa belajar mengenai peraturan resmi tenis meja dan etika dalam pertandingan.
  • Kondisi Fisik dan Kesehatan: Siswa berlatih untuk meningkatkan daya tahan, kecepatan, dan kelincahan, serta memahami pentingnya kebugaran fisik dalam olahraga.
  • Strategi Permainan: Siswa dapat merumuskan strategi bermain dan menyesuaikan taktik berdasarkan lawan.
  • Kerjasama dan Team Building: Siswa mengembangkan kemampuan kerjasama dalam latihan kelompok dan kompetisi, serta membangun rasa saling menghargai antar anggota tim.

21. GYM

Berikut adalah capaian singkat program ekstrakurikuler Gym:

  • Peningkatan Kebugaran Fisik: Siswa dapat meningkatkan daya tahan kardiovaskular, kekuatan otot, dan fleksibilitas melalui program latihan yang terstruktur.
  • Pendidikan Nutrisi: Siswa belajar tentang pentingnya pola makan sehat dan gizi seimbang dalam mendukung kebugaran dan kesehatan tubuh.
  • Pengembangan Keterampilan: Siswa menguasai teknik penggunaan alat gym dengan aman dan efektif, serta memahami berbagai jenis latihan.
  • Kedisiplinan dan Motivasi: Siswa membangun kedisiplinan dalam rutinitas olahraga serta meningkatkan motivasi diri untuk mencapai target kebugaran.
  • Kerja Sama Tim: Siswa belajar untuk berkolaborasi dalam sesi latihan kelompok, mengembangkan rasa saling mendukung dan semangat tim.

22. PENCAK SILAT

Berikut adalah capaian singkat program ekstrakurikuler Pencak Silat:

  • Pengembangan Keterampilan Bela Diri: Siswa dapat menguasai teknik dasar dan lanjutan pencak silat, termasuk gerakan, posisi, dan strategi bertarung.
  • Peningkatan Disiplin dan Fokus: Siswa belajar tentang pentingnya disiplin, ketekunan, dan fokus dalam berlatih dan berkompetisi.
  • Nilai-nilai Olahraga: Siswa mengembangkan sikap sportifitas, kerja sama, dan rasa saling menghargai antar sesama anggota.
  • Persiapan Kompetisi: Siswa dilatih untuk mengikuti kompetisi pencak silat tingkat sekolah, daerah, dan nasional, meningkatkan kepercayaan diri.
  • Peningkatan Kebugaran Fisik: Siswa mengalami peningkatan kesehatan dan kebugaran melalui latihan fisik yang rutin dan teratur.

23. BAND

Berikut adalah capaian singkat program ekstrakurikuler Band Musik:

  • Pengembangan Keterampilan Musik: Siswa dapat menguasai berbagai alat musik, baik secara individu maupun dalam grup, serta memahami teori dasar musik.
  • Kreativitas dan Ekspresi Diri: Siswa didorong untuk mengekspresikan diri melalui musik dan menciptakan karya orisinal, termasuk lagu dan aransemen.
  • Disiplin dan Kerja Sama: Siswa belajar tentang pentingnya disiplin dalam latihan dan kemampuan bekerja sama dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
  • Persiapan Pertunjukan: Siswa berlatih untuk tampil di berbagai acara sekolah, meningkatkan kepercayaan diri dan pengalaman di depan publik.
  • Peningkatan Prestasi: Siswa memiliki kesempatan untuk mengikuti kompetisi musik dan mendapatkan penghargaan, memperkuat motivasi dan pencapaian individu.

24. VIDEOGRAPHY

Berikut adalah capaian singkat program ekstrakurikuler Videografi:

  • Penguasaan Teknik Videografi: Siswa dapat memahami dan menerapkan teknik dasar dalam videografi, termasuk pengambilan gambar, pengaturan cahaya, dan penggunaan peralatan video.
  • Kreativitas dalam Produksi Video: Siswa didorong untuk mengembangkan ide-ide kreatif untuk proyek video, mulai dari konsep hingga pembuatan storyboard.
  • Editing dan Pasca Produksi: Siswa belajar menggunakan perangkat lunak editing video untuk mengolah dan menyempurnakan materi video, termasuk pemotongan, penambahan efek, dan pengaturan audio.
  • Proyek Kolaboratif: Siswa bekerja dalam kelompok untuk menghasilkan video proyek, meningkatkan keterampilan kerja sama dan manajemen waktu.
  • Pameran dan Presentasi: Siswa memiliki kesempatan untuk mempresentasikan karya mereka dalam pameran sekolah, meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan berbicara di depan umum.

25. SCIENCE CLUB

Program ekstrakurikuler Sains Club diharapkan dapat menjadi wadah bagi para siswa untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya pengelolaan limbah dalam menjaga kelestarian lingkungan. Melalui berbagai kegiatan yang interaktif dan berbasis proyek, siswa diharapkan tidak hanya memahami konsep dasar tentang limbah dan dampaknya terhadap lingkungan, tetapi juga memiliki kemampuan untuk merancang dan mengimplementasikan solusi praktis yang dapat mengubah limbah menjadi barang yang berguna. Salah satu tujuan utama program ini adalah menanamkan kesadaran ekologis pada siswa, sehingga mereka dapat melihat limbah bukan hanya sebagai masalah, tetapi juga sebagai sumber daya yang dapat dimanfaatkan dengan bijak. Program ini juga sejalan dengan inisiatif sekolah untuk menjadi sekolah zero waste, di mana setiap individu didorong untuk meminimalkan produksi sampah dan mengoptimalkan daur ulang serta pemanfaatan limbah.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas siswa. Dalam proses pengolahan limbah, siswa akan dilatih untuk menganalisis berbagai jenis limbah yang ada di sekitar mereka, mengidentifikasi peluang untuk daur ulang atau pemanfaatan kembali, serta merancang produk-produk inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat. Misalnya, siswa dapat mengubah limbah plastik menjadi bahan bangunan, atau mengolah limbah organik menjadi pupuk kompos yang berguna bagi pertanian.

Melalui proyek-proyek semacam ini, siswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan problem solving yang esensial dalam menghadapi tantangan dunia nyata, sekaligus berkontribusi pada pencapaian visi sekolah zero waste.

Lebih lanjut, program ini juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab sosial di kalangan siswa. Dengan melibatkan siswa dalam upaya pengolahan limbah, Sains Club bertujuan untuk membentuk generasi muda yang peduli terhadap lingkungan dan berkomitmen untuk berkontribusi positif dalam komunitas mereka. Siswa diharapkan mampu menyadari dampak dari tindakan mereka terhadap lingkungan, dan melalui program ini, mereka akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membuat perbedaan yang nyata. Partisipasi siswa dalam program ini juga diharapkan dapat mendukung implementasi program zero waste di sekolah, sehingga tercipta budaya yang lebih sadar lingkungan dan berkelanjutan di kalangan seluruh warga sekolah.

Pada akhirnya, capaian yang diharapkan dari program ini adalah terciptanya produk-produk yang inovatif dan ramah lingkungan, yang tidak hanya memberikan manfaat ekonomi bagi siswa, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi upaya pelestarian lingkungan.

26. KALIGRAFI

Kaligrafi Arab adalah salah satu bentuk seni yang paling dihormati dalam tradisi Islam, menggambarkan keindahan dan kedalaman spiritual melalui keindahan bentuk huruf Arab. Lebih dari sekadar menulis, kaligrafi Arab adalah seni yang menyatukan ketepatan, kesabaran, dan kepekaan estetika untuk menghasilkan karya yang penuh makna dan keindahan.

Di tengah era modern yang serba digital ini, seni kaligrafi tetap memegang peran penting dalam menjaga warisan budaya dan spiritual. Kaligrafi tidak hanya mengajarkan keterampilan teknis, tetapi juga menumbuhkan rasa hormat terhadap tradisi dan nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Islam. Dengan memahami dan mempraktikkan seni ini, siswa dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam seni rupa, sekaligus memperdalam apresiasi mereka terhadap kebudayaan dan nilai-nilai Islam.

Program ekstrakurikuler Kaligrafi Arab di SMA ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengeksplorasi dan mengembangkan keterampilan seni kaligrafi secara mendalam. Program ini mencakup pengenalan dasar-dasar kaligrafi, latihan intensif dalam berbagai gaya tulisan, serta penerapan kreativitas dalam menghasilkan karya seni yang unik dan bermakna. Dengan bimbingan guru yang berkompeten, siswa akan diajak untuk tidak hanya mempelajari teknik menulis yang benar, tetapi juga untuk menghayati filosofi di balik setiap garis dan lekuk yang mereka ciptakan.

Melalui program ini, kami berharap siswa dapat mengeksplorasi bakat mereka dalam seni kaligrafi, menumbuhkan kreativitas, serta mengembangkan penghargaan terhadap warisan budaya Islam. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat menjadi wadah bagi siswa untuk berekspresi dan menghasilkan karya-karya seni yang dapat dibanggakan.

27. DIGITAL DESIGN

Desain Grafis dan Komunikasi Visual berupa gambar digital merupakan suatu kebutuhan di zaman teknologi yang berkembang dengan pesat. Sebuah desain grafis, diciptakan tidak lagi dengan cara manual, tapi dituntut dapat dibuat dalam media digital, agar dapat dimanfaatkan lebih jauh untuk berbagai keperluan, mudah diperbanyak dan disempurnakan.

Untuk itu Ekstrakurikuler Gambar Digital mencoba mewadahi hobby siswa dalam gambar dan desain grafis, dengan mengarahkan keterampilan menggunakan berbagai aplikasi digital.

Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ini, dapat terbentuk siswa yang memiliki keterampilan desain, memiliki pengetahuan dalam komposisi bentuk, warna, dan painting, dan mampu mengaplikasikannya dalam berbagai aplikasi gambar digital.

Adapun indicator keberhasilan program Ekstrakurikuler Gambar Digital adalah sebagai berikut :

  • Siswa mampu memahami dasar desain grafis (Komposisi bentuk, Layout gambar, Komposisi warna, dll)
  • Siswa mampu melakukan desain grafis dalam bentuk Vector Art dengan menggunakan program aplikasi CorelDraw dan Adobe Illustrator
  • Siswa mampu membuat Digital Painting dengan menggunakan berbagai aplikasi berupa Medibang Paint Pro, Paint Tool Sai, Sketch Book, Ibis Paint, dan Procreate.
  • Siswa mampu membuat animasi sederhana dengan Adobe Flash dan Procreate Dream.
  • Siswa mampu mengaplikasikan desain yang mereka buat dalam berbagai projek (Sablon kaos, Digital Poster, Desain Komik, dll)

28. NASYID

Berikut adalah capaian singkat program ekstrakurikuler Nasyid:

  • Pemahaman Lirik: Siswa dapat memahami dan menginterpretasikan lirik lagu nasyid, serta menggali makna dan pesan yang terkandung di dalamnya.
  • Keterampilan Vokal: Siswa dilatih untuk mengembangkan keterampilan vokal, termasuk teknik bernyanyi, intonasi, dan harmoni dalam kelompok.
  • Kreativitas dalam Musik: Siswa didorong untuk menciptakan karya nasyid sendiri, meningkatkan kreativitas dan kemampuan komposisi musik.
  • Penampilan di Publik: Siswa berlatih dan tampil di berbagai acara sekolah, meningkatkan percaya diri dan pengalaman pentas.
  • Peningkatan Spiritualitas: Melalui nasyid, siswa dapat memperkuat nilai-nilai spiritual dan moral yang positif, serta menginspirasi diri dan orang lain